Naruto Uzumaki Pointing Finger

Random Post







Komposisi dan Contoh Bahasan Kalimat

Kamis, 04 November 2010

Komposisi kalimat atau perpaduan kalimat adalah penggabungan dua kata atau lebih dalam membentuk kata.Komposisi juga berarti bentuk pengungkapan gagasan berupa tulisan yang tercermin dalam susunan beberapa kalimat. Sebuah komposisi dapat terbentuk berupa rangkaian kalimat.

Paragraf pun merupakan bagian dari suatu komposisi. Karena sebuah kesatuan yang terdiri atas beberapa kalimat yang saling berkaitan disebut paragraf, maka kelompok paragraf yang saling berkaitan disebut komposisi. Sekelompok komposisi yang saling berkaitan dan berpaduan, dengan demikian, membentuk bab-bab yang akhirnya tersusun menjadi buku. Bukulah yang merupakan unit paling besar dalam komposisi kalimat. Buku diciptakan dari beberapa pemikiran sehingga lebih rumit dibanding masing-masing bab yang ada di dalamnya. Tiap bab lebih rumit dan luas dibanding tiap paragraf yang membentuknya. Paragraf biasanya lebih pendek, kalah rumit isinya dengan bab, dan yang diekspresikan dalam paragraf tentunya juga lebih sedikit dibanding yang ada dalam unit yang lebih besar seperti bab-bab suatu komposisi atau buku.
Oleh sebab itu, tidaklah mudah mengartikan sebuah pemikiran dengan hanya membaca sebuah kata dan kalimat. Lebih mudah mengartikan sebuah pemikiran kalau kita sudah membaca sebuah buku atau paling sedikit sebuah paragraf atau bab.

Contoh dalam kehidaupan sehari-hari tentang komposisi dan bahasan kalimat :
dalam kata >kepala + batu > dalam kalimat >kepala batu
dalam kata >mata + pelajaran > dalam kalimat >mata pelajaran

itulah opini dari saya ^_^

0 komentar:



:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar